Senin, 28 Maret 2011

BLOG

RANGKUMAN TENTANG BLOG

SEJARAH BLOG

sering kita dengar yang namanya blog..atau bahkan saat ini kita memiliki blog entah itu di mana, tapi pernakah kita menyelidiki sejarah dari blog..mengapa ada blog!?
berikut ini artikel yang saya dapatkan dari berbagi blog maupun situs mengenai sejarah blog, semoga berguna buat tugas kalian atau bahkan buat pengetahuan aja!

Blog pada mulanya bernama WEBLOG namun kata WEBLOG tersebut di singkat menjadi blog. istilah weblog sendiri diperkenalkan oleh seseorang yang bernama Jorn Barger tepatnya pada bulan Desember 1998. Beliau menamakan weblog untuk orang yang memiliki website pribadi dan sering mengupdatenya.

media blog sendiri pertama kali dipopulerkan oleh dedengkot blog, yaitu: BLOGGER.COM yang dimiliki oleh PyraLab, dan perusahaan ini akhirnya diakuisisi oleh raja mesin pencari: Google.com pada akhir tahun 2002 lalu.

banyak orang yang mengira bahwa blog merupakan catatan harian dari si empunya blog tersebut, tetapi kini blog mempunyai fungsi yang sangat beragam , dari pengamatan saya, kini blog dijadikan sebagai ladang usaha, mencari koneksi,media publikasi, iklan, kampanye politik hingga dijadikan sebagai site resmi sebuah usaha. mayoritas blog yang ada dapat dimiliki secara gratis termasuk di MY OPERA.COM
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktifitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BLOG
a. Kelebihan blog
Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.
Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topic mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya. (Nurist Surayya dalam jurnalisme Weblog merupakan Pola Baru Jurnalisme Media Massa, hal 1, 2005) 
Weblog adalah media yang digunakan secara personal, baik individual maupun institusional. Tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa diopersikan oleh siapapun. Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog.
b. Kekurangan blog
beberapa kekuranga blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.
Untuk itu, ada beberapa upaya agar kekurangan ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni dengan menggunakan bahasa pemograman yang aman, manggunakan desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel yang benar.
CARA MEMBUAT BLOG
Langkah membuat blog
Cara membuat blog di penyedia blog gratisan sebagian besar sama, yaitu :
  1. Proses Pendaftaran (Register / Sign up) : anda wajibmemiliki email utk konfimasi pedaftaran tapi bila anda memiliki email di gmail, anda bisa menggunakan username dan password anda untuk membuat blog di blogger/blogspot tanpa perlu mendaftar lagi.
  2. Menentukan alamat blog : Alamat blog/url sama seperti alamat situs yang diketik untuk surfing/browsing ke blog anda, anda harus mengarang alamat yg unik dan lain daripada yang lain, contoh : nama-kamu.blogspot.com , nama-kamu.wordpress.com , dsb
    tambahan : khusus blogger/blogspot, Saat ini untuk membuat blog, nampaknya dibutuhkan proses verifikasi tambahan, yaitu via sms atau via email
  3. Setelan/Setting : Di bagian ini, anda bisa menentukan nama (bukan alamat/url blog) dan deskripsi blog, memilih tampilan/template, dan setting lainnya (setting-setting lain bisa menyusul)
  4. Membuat Postingan (Create new post/add new post) : untuk membuat postingan, anda tinggal memasukkan judul di kolom title, dan isi postingan/artikel di bawah kolom judul, anda juga bisa menyiapkan lebih dahulu artikel yg akan di posting pada dokumen lain (dokumen teks), dan meng-copy-nya ke dalam kolom postingan
  5. Blog sudah siap untuk dipromosikan :) , promosikan alamat blog anda seluas-luasnya dan diberbagai situs iklan sebanyak mungkin
ETIKA NGEBLOG
1. Tulislah fakta
Tulisan yang akan anda posting akan di baca oleh khalayak (orang banyak), oleh sebab itu, tulislah artikel yang berisi informasi yang benar dan akurat (Kecuali blog yang bersifat pribadi), jangan hanya menulis artikel yang disukai oleh SE (search Engine).

2. Hargai Sumber Tulisan
Jika anda menulis sebuah artikel, dan artikel tersebut berasal dari situs lain, berilah alamat sumber untuk menghargai si pembuat tulisan tersebut. Atau mungkin suatu ketika anda sedang kehabisan ide untuk menulis sebuah artikel, namun anda memutuskan untuk membaca tulisan dari blog lain dan anda tertarik untuk menulis ulang diblog anda, jangan pernah lupa untuk mencantumkan sumber dari tulisan tersebut. Karena jika anda ingin di hargai orang lain, maka hargailah orang lain.

3. Koreksi Tulisan Anda
Rajin-rajinlah mengoreksi tulisan anda, baca ulang artikel anda sebelum mempublikasikannya ke publik. Dan jangan pernah malas untuk membaca kembali tulisan anda yang lampau untuk mengoreksi kesalahan ûkesalahan penulisan anda, bisa dari tanda baca, kosakata atau yang lainnya. Anda bisa belajar dari kesalahan anda di masa lampau.

4. Ketahui Batas Privasi
Jangan pernah mempublikasikan privasi diri sendiri dan orang lain, hargailah privasi diri sendiri dan juga milik orang lain.

5. Beri Informasi Identitas Diri Anda
Blog yang professional adalah blog yang tidak pernah takut untuk menunjukkan informasi tentang diri si penulis. Namun, jika anda takut jika blog anda di hack oleh orang lain, gunakan email lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda. Anda juga dapat memberikan akun jejaring social anda seperti facebook, twitter, dan lain-lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda.


SUMBER:
http://my.opera.com/nicoustic/blog/show.dml/1480610http://hendradp.wordpress.com/2008/07/06/kelebihan-dan-kekurangan-blog/
http://articles-at.blogspot.com/2010/06/cara-membuat-blog-gratis-di-blogger.html
http://www.phonecompi.co.cc/2010/06/etika-ngeblog.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar